Chip Apple M2: semua yang perlu Anda ketahui

Chip Apple M2: semua yang perlu Anda ketahui

Posted on


Apple Wwdc22 M2 Chip Hero 220606 Big.jpg.large 2xSumber: Apple

Pada Worldwide Developers Conference (WWDC) tahun ini, Apple meluncurkan prosesor Apple silikon generasi kedua untuk Mac: chip M2. Bersamaan dengan pengumuman tersebut, perusahaan mengungkapkan bahwa MacBook Air yang didesain ulang dan MacBook Pro 13 inci akan menjadi Mac pertama yang menampilkan prosesor baru.

Dengan peningkatan kinerja dan efisiensi daya di seluruh papan, M2 menandai semua kotak sebagai penerus yang layak untuk chip M1 yang memulai semuanya. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang prosesor M2 Apple.

Apa itu chip M2?

M2 adalah SoC silikon generasi kedua Apple (sistem pada chip) untuk Mac. Penerus M1, M2 meningkatkan kinerja per watt dengan CPU 18% lebih cepat, GPU 35% lebih bertenaga, dan Neural Engine 40% lebih cepat.

Johny Srouji, wakil presiden senior teknologi perangkat keras Apple, mengatakan prosesor generasi berikutnya “melampaui fitur luar biasa dari M1.”

“M2 meluncurkan generasi kedua chip M-series dan melampaui fitur luar biasa dari M1. Dengan fokus berkelanjutan kami pada kinerja hemat daya, M2 menghadirkan CPU, GPU, dan Neural Engine yang lebih cepat. Dan dengan bandwidth memori yang lebih tinggi serta fitur baru seperti akselerasi ProRes, M2 melanjutkan kecepatan inovasi silikon Apple yang sangat tinggi untuk Mac.”

M2 memperkenalkan teknologi 5 nanometer generasi kedua

Apple Wwdc22 M2 chip M1 2up chip

Sumber: Apple

Prosesor M2, saat masih berupa chip 5 nanometer seperti M1, telah ditingkatkan menggunakan teknologi 5 nanometer generasi kedua. Teknologi yang ditingkatkan ini meningkatkan jumlah transistor di M2 menjadi 20 miliar, peningkatan dua puluh lima persen dari chip M1.

Apple mengklaim bahwa transistor tambahan meningkatkan fungsionalitas seluruh prosesor. Misalnya, pengontrol memori sekarang dapat memberikan 100 GB bandwidth memori terpadu, peningkatan besar lima puluh persen dibandingkan M1.

M2 menawarkan memori yang lebih terpadu

Apple Wwdc22 M2 Soc

Sumber: Apple

Sementara prosesor M1 hanya memungkinkan pelanggan untuk mengonfigurasi memori terpadu hingga 16GB di MacBook Air, MacBook Pro 13-inci, iMac, atau Mac mini mereka, M2 menawarkan lebih banyak memori.

Dengan M2, pelanggan sekarang dapat meningkatkan memori terpadu komputer mereka dari 8GB dasar menjadi tidak hanya 16GB, tetapi juga 24GB. Dengan memori tambahan, Apple mengatakan pelanggan akan dapat menangani “beban pekerjaan yang lebih besar dan lebih kompleks” dengan Mac mereka.

Efisiensi energi bahkan lebih baik dengan M2

Salah satu tujuan utama dari chip M1 adalah untuk memberikan kinerja yang hebat sambil mempertahankan masa pakai baterai yang luar biasa, dan itu tidak berubah dengan chip M2. Prosesor baru ini menawarkan kinerja yang lebih cepat dan inti efisiensi yang ditingkatkan, menghasilkan peningkatan kinerja delapan belas pada tingkat konsumsi daya yang sama.

Apple Wwdc22 M2 Chip CPU Perf Vs Daya 01

Sumber: Apple

Peningkatan kinerja bahkan lebih baik ketika melihat GPU. M2 memiliki GPU generasi kedua dengan hingga sepuluh core. Itu dua lebih banyak dari apa yang saat ini ditawarkan dengan chip M1.

Apple mengklaim bahwa desain baru dan inti tambahan memberikan peningkatan kinerja dua puluh lima persen dibandingkan M1 pada tingkat konsumsi daya yang sama. Itu bisa lebih tinggi lagi, mencapai peningkatan kinerja maksimum tiga puluh lima persen dari pendahulunya dengan konsumsi daya yang sedikit lebih tinggi.

Apple Wwdc22 M2 Chip GPU Perf Vs Power 01

Sumber: Apple

Apple juga telah meningkatkan Neural Engine dengan M2. Mesin baru sekarang dapat memproses hingga 15,8 triliun operasi per detik, peningkatan besar 40% dibandingkan prosesor M1.

Apa lagi yang bisa dilakukan chip M2?

Apple Wwdc22 Macbook Air Final Cut Pro

Sumber: Apple

M2 menawarkan beberapa peningkatan lain yang akan dihargai pengguna, termasuk dukungan untuk video 8K dan mesin video ProRes yang terpasang langsung ke dalam chip:

  • Mesin media menyertakan dekoder video dengan bandwidth lebih tinggi, mendukung video 8K H.264 dan HEVC.
  • Mesin video ProRes Apple yang kuat memungkinkan pemutaran beberapa aliran video 4K dan 8K.
  • Enklave Aman terbaru Apple menawarkan keamanan terbaik di kelasnya.
  • Image Signal Processor (ISP) baru memberikan pengurangan noise gambar yang lebih baik.

Mac mana yang akan mendapatkan chip M2?

M2 Macbook Air terbuka

Sumber: Gerald Lynch/iMore

MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci yang didesain ulang adalah Mac pertama yang menerima prosesor M2 baru. Tidak mengherankan, model-model ini dengan cepat membuat daftar Mac terbaik kami di pasar.

Apple belum mengkonfirmasi apakah M2 akan datang ke Mac lain, tetapi aman untuk mengasumsikan bahwa iMac dan Mac mini kemungkinan akan diperbarui dengan prosesor baru, karena keduanya juga menampilkan chip M1.

M2 tidak mungkin datang ke model MacBook Pro 14-inci atau 16-inci, Mac Studio, atau desain ulang Apple Mac Pro yang akan datang. Perusahaan kemungkinan besar akan meluncurkan chip M2 Pro dan M2 Max untuk Mac yang berorientasi bisnis di masa mendatang.

Banyak yang bisa dilihat

Chip M2 Apple adalah tonggak lain untuk produk silikon tanda tangan perusahaan. Akan menarik untuk melihat ke mana ia pergi dari sini. Pantau terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.